About Me

Foto saya
Banjarnegara, Jawa tengah, Indonesia
Saya seorang pelajar TKJ kelas XI | VHS Garlic 2 - Banjarnegara.

Teknik Meningkatkan Konsentrasi

SEBAGIAN besar orang pernah membiarkan pikiran mereka mengembara kemana-mana, bahkan saat jam kerja. Studi yang melibatkan 124 orang menemukan, partisipan menghabiskan 30 persen dari waktu mereka dengan pikiran melayang. Hal ini terjadi bahkan saat melakukan tugas-tugas penting. Menurut peneliti Michael Kane, PhD, dari University of North Carolina, AS, buyarnya konsentrasi disebabkan oleh kebosanan, keletihan, dan stres.

Konsentrasi adalah fokus atau pemusatan pikiran terhadap suatu hal yang kita kerjakan dengan mengenyampingkan hal yang lain. Setiap orang mempunyai level konsentrasi yang berbeda.

Dalam konsentrasi, kita mengumpulkan semua energi yang terpancar untuk fokus hanya kepada satu hal. Apabila kita benar-benar menguasainya, konsentrasi memiliki manfaat yang luar biasa terhadap hidup kita. Konsentrasi dapat meningkatkan produktivitas dan memberikan ketenangan pikiran. Kemampun untuk meningkatkan konsentrasi atau memusatkan perhatian pada tujuan-tujuan spesifikasi akan meningkatkan kemampuan mental dan kualitas hidup anda.

Dalam kehidupan sehari-hari anda terus-menerus dibombardir dengan respon panca indera (penglihatan, suara, bau, dan perasaan). Otak anda harus memutuskan apa yang penting bagi anda yang perlu disimpan dan yang harus dibuang. Jika anda tidak fokus, rentang perhatian anda tersebar di banyak hal yang berbeda dan ini akan tercermin dalam otak anda.

Kegiatan di otak juga akan terurai di seluruh otak dan tidak ada jejak abadi yang akan dibuat. Ketika anda berkonsentrasi pada tugas atau objek tertentu, otak akan secara otomatis meminimalkan atau mematikan kegiatan yang tidak terkait dengan tugas dan mengaktifkan wilayah otak yang berhubungan dengan objek dari perhatian anda.

Orang paling sukses di segala lapisan kehidupan (ilmuwan, atlet, aktor, guru, pengusaha, atau orang lain yang sukses) selalu punya satu kesamaan: mereka tahu apa yang mereka inginkan dan mereka memiliki satu pikiran fokus untuk mencapai tujuan mereka. Dengan berfokus pada tujuan, semua energi dan usaha terkonsentrasi pada tugas-tugas yang menggerakkan untuk lebih dekat ke arah tujuan.

Retikuler mengaktifkan sistem di dalam otak yang akan mengingatkan perhatian anda untuk hal-hal penting di sekitar anda yang akan membantu anda bergerak menuju apa yang anda inginkan. Sistem retikuler adalah sistem yang berada di batang otak anda mengarahkan diri anda pada sesuatu yang anda inginkan asalkan anda menginginkannya secara spesifik.

Nah, berikut ini cara untuk meningkatkan konsentrasi anda.
-         Memiliki tujuan spesifik yang ingin anda capai. Jika merupakan tujuan keuangan, rumuskan tepatnya berapa jumlah yang ingin anda miliki, bangun keuangan secepat anda membangun kemampuan untuk menghasilkan uang. Tetapkan batas waktu kapan anda ingin mencapainya.
-         Mempunyai alasan mengapa anda harus mencapai itu. Ini adalah bagian yang paling penting yang harus anda sertakan, semakin kuat alasan semakin besar kemungkinan akan mencapainya.
-         Keyakinan bahwa anda akan mencapainya dan tetap fokus pada keyakinan tersebut. Anda harus benar-benar yakin bahwa anda akan mencapainya. Menjadikannya sebuah keharusan.
-         Membuat rencana. Bagaimana cara sampai ke tujuan anda? Buatlah semua daftar tugas yang harus anda ambil untuk bergerak lebih dekat ke tujuan anda. Buatlah pula daftar hal-hal yang tidak perlu anda lakukan, hal-hal yang akan mengalihkan perhatian dari pencapaian tujuan anda. Hal-hal seperti terlalu banyak menonton TV, atau nongkrong dengan teman-teman. Anda harus lebih terarah dalam menyikapi rencana.
-         Pecahlah rencana menjadi bulanan, mingguan dan rencana tindakan harian. Sisihkan waktu tertentu dan mengambil tindakan setiap hari setidaknya waktu tersebut akan membawa anda lebih dekat ke tujuan anda.
-         Buatlah review setidaknya setiap bulan, lebih lama dari itu berarti anda akan menyimpang terlalu jauh dari tujuan anda. Membuat penyesuaian yang diperlukan dalam rencana atau tindakan, tetapi tetap pada tujuan.
Menetapkan tujuan dan bekerja kearah itu akan lebih memuaskan jika anda menikmati proses dalam melakukannya.

¡Compártelo!

0 komentar:

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q:

Posting Komentar

Pembaca yang baik adalah pembaca yang berkenan meninggalkan komentarnya :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Search

 

Blog Dewi Copyright © 2011 | Tema diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger